26.4 C
Indonesia
Thursday, October 28, 2021
- Advertisement -

Wafatnya Sultan Murad I

Namalengkapnya adalah Sultan Murad I bin Orhan Ghazi bin Othman bin Ortgl lahir diSogut atau yang dikenal saat ini dengan nama Bursa pada 29 Juni 1326 Masehi,dan wafat di Kosovo pada 15 Juni 1389 Masehi, atau yang bertepatan dengan 13Ramadhan. Beliau adalah sultan ketiga dari dinasti Ottoman yang menjabat padausia 36 tahun pasca wafatnya Orhan bin Othman di tahun 1359 Masehi.

Menjabatsultan dinasti Ottoman selama 31 tahun, Sultan Murad I mendapa julukan sebagai Hüdavendigâr,yang berasal dari bahasa Persia Khodāvandgā, yang berarti disayangiAllah. Murad I dikenal sebagai sosok yang sangat pemberani, dermawan, danagamis. Selama menjabat Sultan Murad I selalu berlaku adil pada rakyat dantentaranya, serta dikenal sebagai sosok yang mencitai jihad, gemar membangunmasjid, sekolah dan tempat berlindung bagi kaum dhuafa.

Selainterkenal sebagai penakluk wilayah Kosovo, Bosnia dan Herzegovina, Sultan Muradjuga telah menyebarkan Islam hingga kota Sofia, ibukota Bulgaria, yang telahdikepung selama 3 tahun lamanya oleh kaum Muslimin. Setelah kemenangan diKosovo, Sultan Murad I melakukan inspeksi di medan perang dengan berkelilingditengah-tengah korban perang kaum muslim dan mendoakan mereka. Pada saatitulah ada seorang pasukan Serbia yang bernama Mulyuk yang pura-pura mati dandia segera berlari menuju sultan, namun pengawal sultan segera menangkapnya.

Dengan berkilah dan berpura-pura ingin berbicara dengan Sultan secara langsung dan akan menyatakan masuk Islam, Mulyuk memanfaatkan kebaikan Sultan Murad I yang melepaskannya dan menyatakan akan menjadi saksi prajurit Serbia tersebut masuk Islam, dengan menusuk sultan menggunakan pisau beracun.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles