29.4 C
Indonesia
Monday, July 4, 2022
- Advertisement -

Wafatnya Saif Allah al-Maslul (Khalid bin al-Walid)

Pada hari kedelapan belas bulan Ramadhan tahun 21 Hijriyah, wafatlah seorang sahabat Rasulullah Khalid bin al-Walid Radhiyallahu ‘anhu yang dikenal dengan julukan Saif Allah al-Maslul (Pedang Allah yang Terhunus). Beliau telah banyak terlibat dalam penaklukan dan peperangan melawan dua kekaisaran besar (Romawi dan Persia). Seluruh hidupnya ia habiskan di medan perang, menyerang atau diserang, berjihad demi menjunjung tinggi kalimat tauhid dan menolong agama Allah.

Khalid bin al-Walid memeluk Islam pada tahun 8 H, saat perjanjian Hudaibiyah tengah berjalan. Ia turut serta dalam Perang Mu’tah. Nabi ﷺ memuji Khalid dalam perang tersebut dengan sabda yang artinya: “Bendera perang dibawa oleh Zaid lalu berperang hingga syahid. Kemudian bendera diambil oleh Ja’far dan berperang hingga syahid. Setelah itu, bendera perang dibawa oleh pedang di antara pedang-pedangnya Allah (saifullah –yakni Khalid bin Walid-) hingga Allah memenangkan kaum muslimin.”

Rasulullah ﷺ pernah mengutusnya untuk menghancurkan berhala Uzza. Khalid pun meluluhlantakkan wibawa berhala itu di hadapan penyembahnya. Ia hancurkan Uzza.

Khalid bin al-Walid radhiallahu ‘anhu mencatatkan sejarah yang begitu luar biasa dalam menghadapi negara adidaya seperti Romawi di Syam dan Persia di Irak. Dan ia pula yang memerdekakan Damaskus.

Saat kematian hendak menjemputnya, ia berkata, “Aku telah turut serta dalam 100 perang atau kurang lebih demikian. Tidak ada satu jengkal pun di tubuhku, kecuali terdapat bekas luka pukulan pedang, hujaman tombak, atau tusukan anak panah. Namun lihatlah aku sekarang, akan wafat di atas tempat tidurku. Maka janganlah mata ini terpejam (wafat) sebagaimana terpejamnya mata orang-orang penakut. Tidak ada suatu amalan yang paling aku harapkan daripada laa ilaaha illallaah, dan aku terus menjaga kalimat tersebut (tidak berbuat syirik).”

Previous articlePerang Badar
Next articleMoment Off The Day – 11 Mei

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles