22.4 C
Indonesia
Thursday, August 11, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 01 Januari

Hari ini tepatnya tanggal 01 Januari 630M adalah hari pada saat Nabi Muhammad bersama bala tentaranya menaklukkan kota Mekkah dengan damai.

Setelah Nabi Muhammad berhasil memastikan kekuasaannya atas Madinah, ia mulai berkonsentrasi merebut Mekkah. Ia hendak mendatangi kota kelahirannya itu bukan sebagai rasul Allah, tapi sebagai peziarah yang berkunjung ke Kakbah.

Pada 628 M, setahun setelah Perang Parit, Nabi Muhammad tanpa diduga mengumumkan akan pergi ke Mekkah untuk melakukan ibadah haji. Karena dia sedang dalam sengketa perang yang belum usai dengan penduduk Mekkah, tentu ini suatu keputusan yang tidak masuk akal.

Muhammad tidak peduli bagaimana kaum Quraisy dalam enam tahun terakhir berusaha keras membunuhnya—yang bisa jadi dengan mudah mereka lakukan saat dia dan pengikutnya melakukan tawaf. Namun, pendirian Muhammad tidak goyah. Dengan lebih dari seribu orang pengikut berbaris di belakangnya, dia mengarungi padang pasir menuju kota kelahirannya, sambil mengumandangkan puji-pujian pertanda kedatangan peziarah tanpa rasa takut di sepanjang jalan: “Labbayk Allahumma labbayk”—“Aku datang, Ya Allah, Aku datang!”

Kumandang puji-pujian Muhammad dan pengikutnya, tanpa senjata dan mengenakan pakaian haji, dan dengan lantang memberitahu kedatangan mereka kepada musuh, pasti kedengaran seperti lonceng kematian di Mekkah. Sesuatu yang tidak bisa dihindari pasti terjadi jika laki-laki ini memasuki kota suci tanpa reaksi apa pun. Lantaran begitu panik dan bingung, kaum Quraisy segera mengadang Nabi Muhammad dan orang-orangnya sebelum mereka bisa memasuki kota Mekkah. Kedua pihak bertemu di pinggiran luar kota, di sebuah tempat bernama Hudaybiyah. Kaum Quraisy menawarkan gencatan senjata kepada Nabi Muhammad. Penawaran ini sangat bertentangan dengan apa yang diinginkan Nabi Muhammad dan bagi pengikutnya pasti kelihatan seperti suatu penghinaan.

Sumber : Wikipedia.org

Redaksi
Redaksi
Admin

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles