29.4 C
Indonesia
Wednesday, October 27, 2021
- Advertisement -

Moment Of The Day – 27 Januari

Sahabat Elshifa, kitaakan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal  27 Januari.

Hari ini tepatnya tanggal 27 Januari1947 adalah pada saat terjadi Peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga, KutaiKartanegara, Kalimantan Timur.

Merah Putih di Langit Sanga-sangaadalah roman sejarah yang di tulis oleh Djumri Obeng, sasatrawan asalKalimantan Timur.[1] Merah Putih di Langit Sanga-sanga mengambil latar belakangkisah kepahlawanan dalam Peristiwa Merah Putih yang terjadi pada tanggal 27Januari 1947 di Kecamatan Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara. Buku inipertama kali diterbitkan oleh PT. Puspa Swara pada Desember 1995.

Merah Putih di Langit Sanga-sangaditulis dengan latar belakang peristiwa sejarah perlawanan rakyat Indonesiaterhadap kolonialisme Belanda pada masa pasca kemerdekaan. Dari catatansejarah, perjuangan masyarakat Sanga-sanga untuk mempertahankan kemerdekaanIndonesia terjadi pada tanggal 27 Januari 1947.

Peristiwa heroik yang lebih dikenalsebagai Peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga mengusir kolonial dari tanahIndonesia menjadi kisah sentral dalam buku roman sejarah karya Djumri Obengini. Mengapa penulis mengambil epik Peristiwa Merah Putih di Sanga-sangamenjadi alur sentral dalam bukunya, sebab menurut penulis cerita tersebutmenggambarkan betapa kemerdekaan Indonesia itu bukanlah barang gratis yangdiberikan penjajah Belanda kepada Indonesia, tetapi merupakan hasil perjuangananak-anak bangsa Indonesia dengan penuh pengorbanan, cucuran keringat, airmata, darah bahkan nyawa.

Dengan mengangkat Peristiwa MerahPutih di Sanga-sanga kedalam roman sejarah Djumri Obeng ingin generasi mudabangsa ini mengerti dan menghargai sejarahnya. Selain itu juga dapat memberikansemangat positif bagi generasi muda untuk dapat mengisi kemerdekaan denganpenuh semangat dan tanggung jawab.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles