26.4 C
Indonesia
Thursday, October 28, 2021
- Advertisement -

Moment Of The Day – 25 Januari

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 25 Januari.

Hari ini tepatnya tanggal 25 Januari 1951 diperingati sebagai Hari Gizi dan Makanan.

Setiap tanggal 25 Januari, bangsa Indonesia memperingati Hari Gizi dan Makanan, dengan berbagai kegiatan terkait. Kata gizi sebenarnya berasal dari kata serapan bahasa Arab gizzah yang mempunyai arti makanan sehat.

Bagi Indonesia, gizi menjadi hal penting sampai saat ini utamanya dalam hal perbaikan gizi. Saking pentingnya hingga muncul slogan makanan ‘Empat Sehat Lima Sempurna’, dan disebut setiap membicarakan gizi makanan dan kesehatan.

Persoalan gizi sebenarnya sudah diperkenalkan sejak lama oleh Bapak Gizi Nasional Indonesia, yaitu Prof. Poorwo Soedarmo sejak awal kemerdekaan. Karena gizi memang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara.

Pada awal kemerdekaan, kondisi gizi masyarakat Indonesia memang tidak terlalu baik. Sehingga Menteri Kesehatan RI, J. Leimena meminta Prof. Poerwo untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang waktu itu bernama Institut Voor Volksvoeding (IVV).

Permintaan itu dimaksud agar bisa mengatasi masalah gizi masyarakat Indonesia. IVV merupakan lembaga penelitian kesehatan, waktu itu.

Kondisi masyarakat Indonesia saat itu bisa dibilang berada di dalam area kemiskinan dan kurangnya kesadaran akan makanan sehat. Sehingga kondisi kesehatan masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan dan terbelakang.

Melihat kondisi tersebut, Poorwo melaksanakan beberapa program untuk mengatasinya. Prioritas pertama dan utama pada saat itu adalah untuk menumbuhkan kesadaran serta pendidikan tentang pentingnya gizi yang sehat pada masyarakat.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles