20.4 C
Indonesia
Monday, December 6, 2021
- Advertisement -

Moment Of The Day – 16 Januari

Sahabat Elshifa,kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal  16 Januari.

Hari ini tepatnya tanggal 16 Januari750 Masehi adalah hari pada saat Pasukan Abdallah ibn Ali dan Abu Awn Abdal-Malik ibn Yazid mengalahkan pasukan Marwan II dalam Pertempuran Zab,mengakhiri Revolusi Abbasiyah.

Pertempuran Zab terjadi di pinggiranSungai Zab didaerah Irak pada 25 Januari, 750. Pertempuran ini mengakhirikekhalifahan Umayyah dan menandai kebangkitan kekhalifahan Abbasiyah yangbertahan sampai abad ke 13.

Timbulnya pemberontakan terhadapkekhalifahan Umayyah didasari oleh ketidakpuasan rakyat terhadap perilakuKorupsi yang ditunjukan oleh para Gubernur yang ditunjuk oleh khalifah. Paragubernur ini dianggap korup dan hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja.Kenyataan bahwa Dinasti Umayyah bukan merupakan keturunan langsung dari NabiMuhammad SAW adalah salah satu isu yang dipakai oleh Dinasti Abbasiyah untukmendapatkan dukungan rakyat menggulingkan kekuasaan khalifah dinasti Umayyah.Dinasti Abbasiyah merasa mereka adalah kerabat dekat dari sang Nabi (merekamerupakan keturunan dari paman nabi Muhammad yang bernama Abbas) dan lebihberhak memegang tampuk kekuasaan.

Pertempuran dimenangkan oleh parapemberontak. Khalifah Marwan melarikan diri ke arah Mesir dan akhirnya terbunuhbeberapa bulan kemudian di Abusir, kota kecil dipinggir Sungai Nil. Setelahkematiannya, As-Saffah menggantikannya sebagai khalifah. Kekuasaan DinastiUmayyah berakhir di Timur Tengah. Tetapi kekuasaan Dinasti Umayyah masihberlanjut dari sampai tahun 1031 di Kordoba, Spanyol sebagai KekhalifahanKordoba.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles