22.4 C
Indonesia
Thursday, August 11, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 27 Februari

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 27 Februari.

Hari ini tepatnya tanggal 27 Februari 2010 adalah hari pada saat terjadinya Gempa bumi di Chili yang berkekuatan 8,8 Skala Richter, 432 orang tewas (data 30 Maret 2010). Mengakibatkan tsunami menyeberangi Samudra Pasifik yang menjangkau hingga Selandia Baru, Australia, kepulauan Hawaii, negara-negara kepulauan di Pasifik, dan Jepang dengan dampak ringan dan menengah.

Gempa Bumi Chili 2010 terjadi dengan kekuatan 8,8 Skala Richter pada tanggal 27 Februari 2010 di lepas pantai Concepción, Chili. Gempa terasa hingga di ibu kota Chili, Santiago, dan beberapa kota di Argentina.

Titik episentrum gempa berada pada lepas pantai Maule, sekitar 6,4 km sebelah barat Curanipe, Chili dan 115 utara-timur laut dari kota terbesar kedua di Chili, Concepción. Gempa terjadi pukul 3:34 waktu lokal dan dilaporkan gempa dirasakan antara 10-30 detik.

Gempa Bumi terjadi di perbatasan antara Lempeng Nazca dengan Lempeng Amerika Selatan. Karakteristik gempa ini adalah mekanisme fokal sesar naik, diakibatkan oleh subduksi lempeng Nazca dibawah lempeng Amerika Selatan.

Berdasarkan laporan dari kameramen Associated Press Television News, beberapa gedung di Santiago runtuh dan terjadi listrik padam disebagian besar kota.[9] Kebakaran dilaporkan terjadi di sebuah pabrik kimia di pinggiran kota Santiago yang mengharuskan adanya evakuasi untuk penduduk sekitar. Bandar Udara Internasional Comodoro Arturo Merino Benítez mengalami kerusakan dan otoritas bandara membatalkan semua penerbangan selama 24 jam dari pukul 12:00 UTC. Hari Minggu, 28 Februari, Ricardo Ortega kepala Angkatan Udara Chili, menyatakan penerbangan komersial dibuka kembali dan pesawat diizinkan mendarat di Santiago.

Museum kesenian nasional di Santiago mengalami kerusakan berat dan tidak akan dibuka hingga 9 Maret 2010. Sebuah aprtemen berlantai dua runtuh dan menimpa tempat parkir serta merusak 50 mobil. Berdasarkan laporan resmi petugas kesehatan, tiga rumah sakit di Santiago runtuh, dan lusinan rumah sakit di selatan kota mengalami kerusakan.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles