29.4 C
Indonesia
Monday, July 4, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 24 Juli

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 24 Juli.

Pada hari ini tepatnya pada tanggal 24 Juli 1977 adalah hari dimana pada saat Berakhirnya Perang Libya-Mesir.

Perang Libya-Mesir adalah perang singkat yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 21-24 Juli 1977 di perbatasan Libya-Mesir. Hubungan Libya dengan Mesir sebelumnya sudah memburuk semenjak berakhirnya Perang Yom Kippur pada Oktober 1973 karena Libya menentang kebijakan perdamaian Presiden Anwar Sadat dan juga akibat kegagalan perundingan penyatuan Libya-Mesir.

Deportasi pekerja migran Mesir dari Libya juga semakin menegangkan hubungan di antara kedua negara. Mesir sendiri sudah mempertimbangkan perang melawan Libya semenjak tahun 1974, dan ahli kebijakan di Amerika Serikat dan Britania menyatakan bahwa Sadat telah berencana menyerang Libya untuk menjatuhkan Gaddafi.

Ketegangan semakin menguat pada bulan April dan Mei 1977, terutama setelah demonstran menyerang kedutaan besar masing-masing negara. Pada 21 Juli 1977, Libya melancarkan serangan ke kota Sallum. Sadat dan jenderal-jenderalnya mengirim tiga divisi ke perbatasan Libya setelah mendengar kabar serangan Libya. Tiga divisi ini berhasil mengalahkan pasukan Libya dan menghancurkan sebagian besar perlengkapan mereka.

Angkatan Udara Mesir dan tiga divisi Angkatan Darat Mesir lalu menyerbu perbatasan Libya dan merebut beberapa kota perbatasan. Namun, negara-negara Arab lainnya meminta Sadat untuk tidak menaklukkan Libya. Pada tanggal 24 Juli, kedua belah pihak menyepakati gencatan senjata yang dimediasikan oleh Presiden Aljazair Houari Boumediène dan pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina Yasser Arafat.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles