29.4 C
Indonesia
Monday, July 4, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 20 Maret

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal  20 Maret.

Hari ini tepatnya tanggal 20 Maret adalah Hari Kemerdekaan Tunisia (1956)

Tunisia dengan nama resmi Republik adalah negara paling utara di Afrika, dengan luas 165 ribu kilometer persegi atau 64 ribu mil persegi. Ras ben Sakka, adalah titik paling utara benua Afrika terletak di negara ini. Wilayahnya berbatasan dengan Aljazair di sebelah barat, Libya di tenggara, dan Laut Mediterania di utara dan timur.

Populasi Tunisia diperkirakan hanya di bawah 10,8 juta pada tahun 2013. Nama Tunisia berasal dari ibu kotanya, Tunis, yang terletak di pantai timur laut Tunisia. Secara geografis, Tunisia terletak di ujung timur Pegunungan Atlas dan bagian utara dari gurun Sahara. Dengan garis pantai sepanjang seribu tiga ratus kilometer yang menghadap Laut Mediterania.

40 persen tanahnya merupakan bagian dari gurun Sahara dan sisanya merupakan tanah subur. Tunisia adalah satu-satunya negara demokrasi di Dunia Arab. Ia memiliki indeks pembangunan manusia yang tinggi. Ia memiliki perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa dan merupakan anggota dari La FrancophonieUni untuk MediteraniaUni Arab MaghribLiga ArabOKIArab Free TradeKomunitas Sahel-Sahara SerikatUni AfrikaGerakan Non-Blok, dan Kelompok G-77.

Pada zaman kuno, Tunisia terutama dihuni oleh Suku Berber. Migrasi kaum Fenisia dimulai pada abad ke-12 SM; Migrasi ini dipimpin oleh Carthage. Sebuah saingan Yunani yang hampir dihancurkan Kekaisaran Romawi pada Perang Punisia Kedua, Carthage akhirnya dikalahkan oleh orang Romawi dalam Pertempuran Carthage pada tahun 149 SM.

Kekaisaran Romawi memperkenalkan Agama Kristen dan seni arsitektur, termasuk amfiteater El Djem. Tunisia ditaklukkan oleh orang Arab pada abad pertama Hijriah, diikuti oleh Kesultanan Utsmaniyah antara pada tahun 1534. Kesultanan Utsmaniyah tersebut menguasai Tunisia selama lebih dari tiga ratus tahun. Penaklukan Prancis atas Tunisia terjadi pada 1881. Tunisia merdeka pada tahun 1957 sebagai negara republik yang didirikan oleh Habib Burquibah. Pada tahun 2011, terjadi Revolusi Tunisia yang mengakibatkan penggulingan Presiden Zine El Abidine Ben Ali.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles