22.4 C
Indonesia
Thursday, August 11, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 16 Juni

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 16 juni.

Hari ini tepatnya tanggal 16 Juni 1946 adalah pada saat Karesidenan Surakarta dibentuk, selanjutnya diperingati sebagai hari jadi Pemerintah Kota Surakarta, Indonesia.

Keresidenan Surakarta adalah wilayah karesidenan (bahasa Belanda: Residentie Soerakarta) di Jawa Tengah pada masa kolonial Belanda dan beberapa tahun setelahnya. Wilayahnya mencakup daerah kekuasaan Kasunanan Surakarta dan Praja Mangkunegaran mencakup luas 5.677 km2. Residen Surakarta merupakan kepanjangan tangan administrasi gubernur jenderal yang berkedudukan di Batavia, khususnya pada masa kolonial. Pada tahun 1885 tercatat berpenduduk 1.053.985 jiwa.

Pada masa setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, wilayah keresidenan ini menjadi “Daerah Istimewa Surakarta”, dengan gubernur Sri Susuhunan Pakubuwono XII dan wakil gubernur Sri Mangkunegoro VIII (bersamaan dengan berdirinya DI Yogyakarta). Status ini tidak berumur panjang karena terjadi revolusi sosial yang didalangi oleh Tan Malaka untuk menentang berkuasanya kekuatan aristokrasi dan feodalisme di wilayah ini, sehingga setelah pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda Surakarta kehilangan otonominya dan wilayah ini menjadi Keresidenan Surakarta.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles