24 C
Indonesia
Wednesday, May 12, 2021
- Advertisement -

Moment Of The Day – 02 Maret

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal  2 Maret.

Hari ini tepatnya tanggal2 MARET 1990 saat Nelson Mandela dilantik sebagai Wakil Presiden Kongres Nasional Afrika

Kongres Nasional Afrika adalah sebuah partai politik Afrika Selatan yang berhaluan tengah-kiri dan telah merupakan partai berkuasa di Afrika Selatan (dalam suatu koalisi) sejak memperoleh kekuatan mayoritas pada Mei 1994.

Partai ini didirikan pada tanggal 8 Januari 1912 di Bloemfontein untuk melindungi hak-hak kaum mayoritas kulit hitam. Beberapa pendirinya adalah Albert Lutuli (kelak akan menjadi penerima Penghargaan Perdamaian Nobel), penyair dan penulis Sol Plaatje, dan John Dube (presiden ANC pertama). Hingga tahun 1923, partai ini bernama South African Native National Congress (Kongres Nasional Pribumi Afrika Selatan).

ANC adalah satu-satunya partai yang telah memerintah Afrika Selatan sejak 1994. Dukungan terhadap partai ini sempat berkurang pada pemilu 1999, namun mereka kembali memperoleh tambahan dukungan pada pemilu selanjutnya pada tahun 2004.

Tepat hari ini, dua Maret 1990, adalah hari dilantiknya Nelson Mandela sebagai Wakil Presiden Kongres Nasional Afrika atau ANC. Beliau menjadi salah satu tokoh penting ANC. Tokoh penting lain yang terlibat dalam ANC adalah John Dube, Thabo Mbeki, Walter Sisulu, Robert Sobukwe, Oliver Tambo, Sydney Mufamadi, Jacob Zuma.

Ketika menetap di Johannesburg, Mandela terlibat dalam politik antikolonial, bergabung dengan ANC, dan menjadi anggota pendiri Liga Pemuda ANC. Setelah kaum nasionalis Afrikaner dari Partai Nasional berkuasa tahun 1948 dan menerapkan kebijakan apartheid, popularitas Mandela melejit di Defiance Campaign ANC tahun 1952, terpilih menjadi Presiden ANC Transvaal, dan menghadiri Congress of the People tahun 1955. Sebagai pengacara, ia berulang kali ditahan karena melakukan aktivitas menghasut dan, sebagai ketua ANC, diadili di Pengadilan Pengkhianatan pada 1956 sampai 1961, namun akhirnya divonis tidak bersalah.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles