24 C
Indonesia
Wednesday, May 12, 2021
- Advertisement -

Moment Of The Day – 01 Februari

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 01 Februari.

Hari ini tepatnya tanggal 1 Februari tahun 2003, adalah hari tragedi Meledaknya Pesawat Ulang Aling Columbia.

Hal ini menjadi akhir tragis bagi misi antariksa dengan pesawat ulang alik Columbia. Kendaraan luar angkasa milik Amerika Serikat itu meledak di udara 16 menit sebelum mendarat, saat akan mendarat di Pusat Stasiun Angkasa Luar Kennedy, Florida, Amerika Serikat. Tujuh astronot awak pesawat Columbia dipastikan tewas.

Pejabat Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) menyebutkan, kecelakaan itu terjadi saat pesawat buatan 1981 itu berada pada ketinggian 60 ribu kaki dari bumi dengan kecepatan 20 ribu kilometer/jam. Sebelum meledak, pesawat ini baru saja menuntaskan misinya yang ke-28, setelah lepas landas pada 16 Januari 2003.

bencana Columbia terjadi akibat sepotong busa seukuran tas yang menabrak sayap pesawat dan meninggalkan lubang di ubin pelindung, membuat pesawat rentan saat menembus atmosfer.

Pesawat ulang alik Columbia jatuh di atas garis pantai California. Puing-puing pertama kendaraan luar angkasa itu mulai jatuh di barat Texas dekat Lubbock.

Warga di daerah tersebut mendengar ledakan keras dan melihat garis-garis asap di langit. Puing-puing dan sisa-sisa kru ditemukan di lebih dari 2.000 lokasi di seluruh Timur Texas, Arkansas dan Louisiana. 10 tahun pasca tragedi tersebut, mantan petinggi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirnya membongkar rahasia. Kala itu, sesaat sebelum pesawat meledak, pusat kontrol misi NASA di bumi mengetahui bahwa Columbia akan menemui bencana, dan para awaknya kemungkinan besar tak bakal selamat.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles