20.4 C
Indonesia
Monday, December 6, 2021
- Advertisement -

MEWUJUDKAN PAUD JAWARA BERKUALITAS

Subang – Dalam Forum Pendidikan Anak Usia Dini (FPAUD) kembali gelar pertemuan dengan pengurus Ikatan Istri Camat (IIC) Kabupaten Subang.Gelaran giat tersebut dilaksanakan di rumah Koordinator IIC Desa Kasomalang Kec. Kasomalang, Jum’at (15/10/2021).

Setelah Sebelumnya, minggu lalu bersama pengurus Ikatan Guru Radhatul Athfal (IGRA) Kab. Subang. Hal tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi dan membangun kesepahaman akan pentingnya PAUD.


Ketua FPAUD Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, yang juga selaku Bunda PAUD Kabupaten, mengatakan pertemuan ini merupakan penyamaan persepsi tentang pentingnya PAUD dan eksistensi organisasi Forum PAUD ditingkat Kecamatan. Gerakan membangun kebersamaan diantara organisasi mitra IGTKI, IGRA dan HIMPAUDI dan membangun aktivitas yang berdaya guna dan berhasil guna harus terwujud ditingkat Kecamatan sampai ke tingkat desa.

“Untuk mengawali kegiatan Forum PAUD ditingkat Kecamatan dan Desa, akan dimuali dengan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa sekaligus pelantikan pengurus Forum PAUD ditingkat Kecamatan dan Desa. Setelah pengukuhan Forum PAUD Kecamatan harus mengadakan Rapat Kerja Kecamatan (RAKERCAM) sebagai mekanisme perumusan program kerja organisasi.” Ujar Hj. Yoyoh.

Selanjutnya, Hj. Yoyoh berharap pertemuan ini adalah awal dari komitmen bersama para istri Camat untuk berdiri di garda terdepan dalam memimpin perjuangan mewujudkan organisasi mitra yg profesional dan PAUD berkualitas.

Ditempat yang sama, Koordinator IIC Kab. Subang Ibu Hj. Dede mengatakan bahwa IIC mempunyai potensi besar untuk menggerakan semua pihak agar peduli PAUD, karena istri Camat sebagai Bunda PAUD Kecamatan juga sebagai tokoh sentral para guru-guru PAUD di masing-masing Kecamatan. Komitmen bersama para istri Camat yang dibangun sekarang lebih membuka peluang harapan besar bahwa PAUD JAWARA yang berkualitas akan segera terwujud.

H. Ade Mulyana, S.Ag.,M.Pd sebagai Sekretaris Forum PAUD Kabupaten Subang dalam pemaparannya mengatakan: “Perubahan sosial sebesar apapun semua diawali dari perubahan pola pikir, maka penting sekali sebelum melakukan aktivitas besar untuk mewujudkan PAUD JAWARA berkualitas diawali dengan penyamaan persepsi/pola pikir tentang pentingnya PAUD.” Kata Ade.

Diharapkan, lanjut Ade, dari pertemuan dan diskusi bersama para Istri Camat se-Kab. Subang hari ini terbangunnya persepsi sama dan terbangunnya komitmen untuk mengerahkan segala potensi demi terwujudnya PAUD JAWARA berkualitas di Kab. Subang.

“Anak usia dini hanya sekali seumur hidupnya mengalami masa emas (Golden Age) yaitu direntang usia 0-6 tahun. Menurut ahli neorologi direntang usia itulah perkembangan otak anak terjadi 80 %, sisanya 20 % trjadi perkembangan sampai usia 18 tahun. Maka komitmen bersama para Istri Camat saat ini untuk terlibat dalam perjuangan PAUD merupakan harapan besar untuk terbangunnya kualitas generasi penerus Kab. Subang di masa yang akan datang.

Selanjutnya, H. Ade memaparkan bahwa Forum PAUD akan terus mendesign konsep-konsep kegiatan yang berbasis “basic need”/kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh guru dan lembaga PAUD. Kehadiran Forum PAUD sebagai dirigen dari irama aktivitas para organisasi mitra dalam mewujudkan tujuan bersama untuk PAUD JAWARA berkualitas.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles