20.4 C
Indonesia
Monday, December 6, 2021
- Advertisement -

MENINGKATKAN PERAN SATGAS TINGKAT DESA, PUSKESMAS BINONG ADAKAN PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH

Subang – Dalam rangka meningkatkan efektivitas tim gugus tugas covid-19 tingkat desa dan kecamatan dalam penanganan jenazah yang terkonfirmasi positif covid-19, Puskesmas Binong Mengadakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah covid-19 di Aula Kecamatan Binong, Kamis (29/07/2021).

Peserta yang hadir dalam pelatihan merupakan perwakilan darisembilan desa di wilayah kerja Puskesmas Binong dengan mewakilkan tiga orang disetiap desa karena keterbatasan tempat untuk menjalankan protokol kesehatan.

Menurut Kepala Puskesmas Binong H. Anang SKM. Mkesmenjelaskan materi yang di sampaikan pada pelatihan mulai dari pemahamanmengenai Covid-19, bagaimana teknik cuci tangan yang benar, bagaimana caramenggunakan dan melepaskan alat pelindung diri (APD).

“, mulai dari pendalaman kembali materi tentang covid-19, covid-19 itu apa, virusnya seperti apa, sifat virsunya seperti apa, kemudian virus yang berada pada seseorang yang sudah meninggal dunia kondisinya seperti apa, itu di sampaikan ke mereka semua”, Imbuhnya.

Selain itu Anang menambahkan materi yang lebih spesifik disampaikan mengenai bagaimana melakukan pemulasaraan jenazah saat ada yangmeninggal dunia di rumah sakit atau di daerahnya.

“, apabila ada jenazah yang meninggal di rumah sakit,penanganannya seperti apa ketika datang ke desa kemudian apabila ada jenazahyang meninggal di desa atau di rumahnya pemulasarannya seperti apa, kemudianteknik penguburannya seperti apa”, terangnya.

Selain materi tentang pemulasaran jenazah disampaikan juga mengenai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No.18/2020 tentang tata laksana penanganan jenazah covid-19.

Ia berharap kasus covid-19 tidak naik lagi dan tim gugus tugas tingkat desa bisa lebih berpartisipasi dalam penanganan kasus Covid-19. “Kasus kita sekarang sudah turun semoga tidak naik lagi, kemudian kasus kematian sudah turun jangan sampai ada peningkatan lagi harapannya juga semoga tim gugus tugas covid-19 tingkat desa ini bisa lebih berpatisipasi kembali bisa berperan lebih khususnya dalam pemulasaran jenazah”, tutupnya.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles