21.4 C
Indonesia
Wednesday, October 27, 2021
- Advertisement -

KETUA TP PKK HADIRI PERTEMUAN FORUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PD. HIMPAUDI KAB. SUBANG

Subang – Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menghadiri kegiatan pertemuan Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kab. Subang dengan PD. Himpaudi Kab. Subang, bertempat di Aula Abdul Wahyan Senin (04/10/2021).

“PD Himpaudi mempunyai pengurus yang terdiri dari 30 Kecamatan. Semua rangkaian kegiatan Himpaudi mempunyai tujuan yang sangat bermanfaat dimana organisasi yang dipimpinnya berusaha untuk bisa memberikan pelajaran tentang penguatan karakter untuk anak mulai dari Usia Dini.” Sahut ketua Himpaudi Kab. Subang Ade Ghazali

Dirinya pun menambahkan harus diakui bahwa pembentukan karakter seseorang itu harus dimulai sejak dini, tidak bisa dibentuk secara instan. Lalu diharapkan dari tahap per tahapnya anak-anak mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi dengan bingkai spiritual dan pengendalian diri yang kuat, serta kemampuan anak sebagai indikator kesiapan mengikuti pendidikan tercapai kompetensi skolastik dan non skolastik. Anak usia dini dibimbing untuk memiliki kemandirian dalam berperilaku, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, kemampuan membina hubungan dapat berbagi dan bekerjasama dengan orang lain serta memiliki penyesuaian diri yang kuat, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan sikap kerja positif.

Sementara itu Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat yang hadir selaku Bunda PAUD dan juga menjabat sebagai Ketua Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kab.Subang mengatakan hasil dari pertemuan ini merupakan buah dari tindaklanjut kegiatan hari Jumat lalu dimana saat itu para pengurus Forum PAUD bersepakat bahwa ada poin poin yang menjadi kendala dan harus diselesaikan, maka dari itu diadakanlah pertemuan ini sekaligus menjadi silaturahmi antar anggota.

Beliau pun menambahkan bahwa untuk kegiatan tatap muka bagi siswa PAUD untuk pada saat ini bisa menyesuaikan dengan keadaan, terlebih saat ini Kabupaten Subang sudah memasuki level 2 dimana kontrol kasus Covid-19 ini sudah cukup landai.

Selanjutnya dirinya pun berharap dari pertemuan ini bisa mendapatkan Maghfirah dari Allah SWT. Selain itu kepada para tenaga pendidik dirinya menyampaikan agar terus tetap menjaga protokol kesehatan seandainya ada titik terang kegiatan tatap muka untuk siswa PAUD yang nantinya bisa dilaksanakan.

Sementara itu menurut Sekretaris Forum PAUD Kab.Subang Ade Mulya memaparkan bahwa organisasi ini sudah berdiri selama 1 tahun. Berbagai rintangan dan halangan pun sudah dia tempuh mengingat kapasitas nya yang juga sudah berpengalaman dalam organisasi pendidikan anak usia dini ini karena sebelumnya dirinya menjabat sebagai Ketua PD. Himpaudi periode lalu.

Sedikit bercerita dirinya pun mengatakan bahwa di Jawa Barat, Forum PAUD sebetulnya sudah ada sejak 10 tahun yang lalu ketika kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan tetapi di masa sekarang Forum PAUD sekarang ini ada yang masuk ke bagian Pokja Bunda PAUD. Walaupun berbeda nama namun untuk kegiatan memiliki banyak kesamaan.

Selanjutnya di kalangan masyarakat banyak menanyakan tentang perbedaan posisi Pokja Bunda PAUD dan Forum PAUD. Yang menjadi Perbedaan yakni dari Sasaran Forum PAUD yaitu organisasi profesi guru PAUD dimana kualitas organisasi dan kegiatan.

Selanjutnya Forum PAUD ini sangat memperhatikan Renstra dan planing planing sehingga bisa mencapai tujuan organisasi agar bisa bekerja secara profesional, sedangkan untuk Pokja Bunda PAUD dari segi teknisnya diharapkan bisa menciptakan layanan PAUD yang berkualitas. PAUD Berkualitas akan mampu menghasilkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang optimal di masa depan dengan dimulai dari pembinaan berbagai tingkat. Layanan PAUD berkualitas adalah layanan PAUD yang memperhatikan aspek tumbuh kembang anak secara optimal mulai dari memperhatikan aspek kebutuhan fisik, motorik, kognisi, sosial emosinal dan bahasa.

Dirinya pun berharap, kegiatan ini dapat mengedukasi semua pengurus dalam hal berdemokrasi. Wahana saling belajar dalam mengelola organisasi sosial dan berbenah secara profesional. Serta menguatkan ukhuwah ruh perjuangan peradaban bangsa melalui profesi pendidik PAUD.

Hadir dalam kesempatan tersebut Para Pengurus Forum PAUD Kab. Subang, PD. Himpaudi dan pengurus Pokja Bunda PAUD.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles