20.4 C
Indonesia
Monday, December 6, 2021
- Advertisement -

AGENDA OPEN DEFECATION FREE DIUSUNG OLEH PEMPROV

Subang – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) mengadakan Awards kategori percepatan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan, Wakil Bupati Subang pun mengikuti penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Selasa (21/9/2021).

Tim Penilai dari provinsi Jawa Barat dan pusat menjelaskan bahwa STBM Award merupakan salah satu upaya percepatan dalam pencapaian ODF Kabupaten/kota serta percepatan keberlanjutan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Dalam penilaian STBM Awards yang dilakukan secara virtual pada hari yang telah ditentukan, diikuti oleh 3 Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bandung Barat.

Penilaian STBM ini menggunakan metode presentasi dan tanya jawab dari pimpinan kepala daerah dan dinas terkait oleh tim STBM award secara virtual oleh tim penilai provinsi dan tim penilai Pusat.

Kepada para tim penilai, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi memaparkan jika Kabupaten Subang telah berkomitmen menjadikan Kabupaten Subang bebas ODF yang hingga tahun 2021 ini telah mancapai 100%. Kedepannya Pemkab Subang akan terus mempertahanlan bahkan akan lebih baik lagi dalam penanganan ODF.

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam mendorong pengembangan pembiayaan kebutuhan penyediaan sanitasi selain dianggarkan dari APBD juga melalui swasta maupun mikrofinance dengan melakukan CSR dengen beberapa perusahaan diantaranya dengan perusahaan PT. Tirta Investama, PT. LMS Tol Cipali dan perusahaan lainnya.

“Dalam mendukung keberhasilan penanganan ODF, Pemkab Subang juga melakukan pembinaan dan pelatihan wirausaha sanitasi dan pilar STBM lainnya seperti pelatihan pengolahan sampah sampah rumah tangga terutama pengolahan sampah dari pampers balita. Selain itu pencanangan program Sitampan (Strategi Pengolahan Sampah Mandiri) di kampung keluarga berkualitas.” Sahut Wakil bupati Subang

Diakhir pemaparan, Kang Akur optimis bahwa Subang akan berhasil memperoleh penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Awards tahun 2021.

Hadir pada kegiatan tersebut baik secara virtual maupun hadir di Dinas Kesehatan Subang yaitu Kadinkes Provinsi Jawa Barat, tim penilai STBM award dari Kemenkes, tim penilai dari Kemendagri dan tim penilai dari provinsi Jawa Barat, Kabid Kesmas Dinkes Jabar, Kabid Kimpraswil Disperkim Jabar, HAKLI jabar, Kasie Kesling Kesjaor Jabar, perwakilan dari kantor BP4D, PUPR, DP2KBP3A, Dispemdes, DC Pamsimas, forum kabupaten Subang Sehat, Sekretris Dinas Kesehatan Kabupaten Subang beserra jajaran.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles