20.4 C
Indonesia
Sunday, June 26, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 22 Januari

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal  22 Januari.

Hari ini tepatnya tanggal 22 Januari 1957 adalah pada saat Resolusi No. 127 Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) disahkan.

Dewan Keamanan PBB adalah salah satu dari enam badan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Piagam PBB memberikan mandat kepada Dewan Keamanan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Piagam PBB juga memberikan kewenangan kepada Dewan Kemanan untuk:

  1. menginvestigasi situasi apapun yang mengancam perdamaian dunia;
  2. merekomendasikan prosedur penyelesaian sengketa secara damai;
  3. meminta seluruh negara anggota PBB untuk memutuskan hubungan
  4. ekonomi, serta laut, udara, pos, komunikasi radio, atau hubungan   
  5. diplomatik;
  6. melaksanakan keputusan Dewan Keamanan secara militer, atau dengan
  7. cara-cara lainnya.

Pada tahun 1945, para pendiri PBB mempertimbangkan Dewan Keamanan sebagai mekanisme untuk mencegah dan memberhentikan agresi yang dilakukan negara satu terhadap negara yang lain. Pada 45 tahun pertama keberadaannya, Perang Dingin melumpuhkan kinerja Dewan Keamanan karena negara-negara anggota Dewan Keamanan saling bertentangan. Setelah Perang Dingin, peran Dewan Keamanan menjadi lebih penting di dalam komunitas internasional. Dewan Keamanan mengadakan pertemuan pertamanya pada 17 Januari 1946 di Church House, London. Sejak pertemuan pertamanya, Dewan Keamanan telah berkedudukan tetap di Markas Besar PBB di New York. Dewan Keamanan juga melakukan pertemuan di berbagai kota, seperti di Addis Ababa, Ethiopia pada tahun 1972, di Panama City, Panama, dan di Jenewa, Swiss pada tahun 1990.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles