21.4 C
Indonesia
Monday, June 20, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 31 Agustus

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 31 Agustus.

Hari ini tepatnya tanggal 31 Agustus 1957 adalah hari Kemerdekaan Malaysia.

Pada 31 Agustus 1957, tepat hari ini 62 tahun silam, kantor berita BBC merekam berkumpulnya ribuan orang di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur, untuk menyaksikan sekaligus memberi selamat atas penyerahan kekuasaan dari Kerajaan Inggris kepada Federasi Malaya.

Kini warga Malaysia merayakan “Hari Merdeka” atau “Hari Kebangsaan” tiap tanggal 31 Agustus untuk mengenang kembali batu loncatan bersejarah menuju pembentukan negara Malaysia.

Perjuangan kaum nasionalis di Semenanjung Malaya, sebagaimana di Indonesia, juga dipengaruhi berakhirnya pendudukan Jepang pada 1945, demikian dicatat Encyclopedia Britannica. Malaya dan Borneo adalah dua kawasan penting sebab menyediakan sumber daya alam bagi Jepang. Pasukan Negeri Matahari Terbit memulai invasi ke Semenanjung Malaya pada tahun 1941 dan mencapai kesuksesan pada 1942.

Usai tiga tahun berkuasa, politik dan ekonomi Jepang lumpuh bukan hanya karena bom atom di Hiroshima maupun Nagasaki, tapi juga ketidakstabilan kawasan Malaya. Kelompok komunis yang rata-rata keturunan Cina melakukan perlawanan secara gerilya di hutan dan melakukan pemberontakan di Borneo Utara.

Di tempat lain, konflik antar-etnis kembali memanas. Meski demikian, hampir semua rakyat penghuni semenanjung Malaya merasakan kegembiraan yang sama atas kekalahan Jepang.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles