22.4 C
Indonesia
Sunday, July 3, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 30 Maret

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal  30 Maret.

Hari ini tepatnya tanggal 30 Maret adalah Hari Tanah di Palestina.

Pada 30 Maret 1976, militer Israel menumpas aksi protes petani Arab terhadap perampasan tanah mereka di utara Israel. Enam warga Arab-Israel tewas ditembak dalam aksi tahun 1976 itu dalam Konflik Israel dan Palestina. Sejak itu orang Palestina memperingati tanggal 30 Maret yang mereka sebut sebagai “Hari Tanah”

Hari Tanah Palestina diperingati untuk mengingatkan rakyat Palestina akan tindakan rezim zionis Israel yang telah merampas ribuan hektar tanah milik publik dan individu di berbagai wilayah di Palestina, khususnya di wilayah Galilea. Perampasan itu mendorong warga Arab di Palestina untuk mendeklarasikan aksi mogok massal, yang ketika itu menjadi perlawanan pertama terbesar rakyat Palestina terhadap rezim Israel, sejak Israel pertama kali menancapkan penjajahannya di Palestina pada 1948 silam.

Hari Tanah juga mengakibatkan orang-orang Arab mendapatkan kehadiran di politik Israel bahwa mereka tidak bisa lagi diabaikan. Masyarakat sipil Arab di Israel mulai berkoordinasi dengan satu sama lain lebih dan protes terhadap kebijakan pemerintah menjadi lebih sering dengan fokus pada tiga isu utama: Lahan dan perencanaan kebijakan, kondisi sosial ekonomi, dan hak-hak nasional Palestina.

Protes tidak sedikit untuk menghentikan rencana pengambilalihan lahan hamper dua ribu hektar. Jumlah mitzpim didirikan mencapai 26 pada tahun 1981 dan 52 pada tahun 1988. Ini mitzpim dan “kota pembangunan” dari Nazareth Atas, Ma’alot, Migdal Ha’emeq dan Carmiel signifikan mengubah komposisi demografis dari Galilea.

Sementara Arab telah terdiri dari 92% penduduk Galilea pada tahun-tahun setelah berdirinya Israel, pada 1994, jumlah itu berkurang menjadi 72% dari populasi regional hampir tujuh ratus ribu, dengan orang-orang Yahudi yang membentuk 28% sisanya. Skala besar pengambil alihan tanah di Galilea umumnya dihindari oleh pemerintah Israel sejak tahun 1980-an.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles