22.4 C
Indonesia
Friday, June 24, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 24 September

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 24 September.

Hari ini tepatnya tanggal 24 September 622 adalah hari pada saat Nabi Muhammad Saw menyelesaikan hijrahnya dari Mekkah ke Madinah.

Pada 24 September 622, Nabi Muhammad SAW menyelesaikan hijrahnya dari Makkah ke Madinah. Peristiwa ini kemudian menandai tahun pertama di kalender Islam yang disebut Tahun Hijriah.

Muhammad adalah salah satu pemimpin agama dan politik yang paling berpengaruh sepanjang sejarah. Ia lahir di Makkah pada 570 dan diangkat menjadi Rasul Allah pada 610.

Pada 622, Nabi Muhammad mengajak pengikutnya hijrah ke Madinah dalam beberapa kelompok kecil atas alasan keamanan. Saat mengetahui umat Islam melakukan eksodus, pemimpin Makkah saat itu merencanakan membunuh Muhammad yang sedang berada dalam perjalanan.

Di bawah ancaman, Nabi Muhammad berhasil menyelinap tanpa diketahui ke Madinah menggunakan jalur rahasia. Hijrahnya selesai pada 24 September 622 sebagai bagian dari sejarah Islam.

Di Madinah, Nabi Muhammad membangun negara teokratis. Upaya tentara Makkah mengalahkan pasukan Muslim gagal, bahkan beberapa tokoh terkemuka Makkah bermigrasi ke Madinah dan memeluk Islam.

Setelah Makkah menjadi lebih damai, pada 629, Nabi Muhammad diperbolehkan memimpin ritual haji ke Makkah setelah melakukan perjanjian damai. Namun ia sempat diserang oleh sekutu dari Makkah.

Dalam kurun waktu 20 tahun, kekaisaran Byzantium dan Persia jatuh ke tangan penerus Nabi Muhammad. Selama dua abad berikutnya penaklukan kerajaannya terus meluas.

Penyebaran Islam dilakukan oleh kekaisaran Arab dan banyak masyarakat Afrika dan Asia secara sukarela mengadopsi agama Islam. Saat ini, Islam menjadi agama terbesar kedua di dunia.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles