26.4 C
Indonesia
Friday, July 8, 2022
- Advertisement -

Moment Of The Day – 22 Februari

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 22 Februari.

Hari ini tepatnya tanggal 22 Februari 1978 diperingati sebagai hari Istiqlal.

Setiap negara pasti memiliki bangunan yang dibanggakan atau bangunan yang dianggap sebagai salah satu ikon yang bersejarah di Indonesia. Bangunan yang bersejarah ini sangat banyak tergantung dari daerah yang Anda kunjungi.

Jika Anda pergi ke Jakarta, maka ada dua bangunan utama yang membanggakan dan menjadi sorotan oleh pemerintah maupun pengunjung, yakni Gereja Katedral dan juga Masjid Istiqlal. Di mana kedua bangunan ibadah ini berdiri berdampingan dan juga dianggap sebagai simbol toleransi.

Dalam artikel berikut ini, akan kita bahas mengenai salah satu bangunan ibadah yang dibanggakan di Jakarta yaitu Masjid Istiqlal. Selain Monas Indonesia memiliki beberapa ikon yang memang menjadi daya tarik termasuk masjid ini.

Masjid Istiqlal merupakan masjid yang terletak di Jakarta. Di mana masjid ini merupakan terbesar di Asia Tenggara.

Di sisi lain masjid ini juga digunakan untuk aktivitas sosial dan kegiatan umum. Masjid ini memiliki daya tarik yang sangat besar yang dimulai dari arsitekturnya, hingga luasan dan juga bangunannya.

Lokasi kompleks masjid ini berada di bekas Taman Wilhelmina di timur laut lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri monumen nasional atau Monas. Sedangkan di sebelah timur masjid ini berdiri gereja tua yang digunakan oleh masyarakat yang beragama Katolik yaitu Gereja Katedral.

Masjid Istiqlal Jakarta merupakan salah satu masjid negara, yakni masjid yang mewakili umat muslim yang ada di Indonesia yang menyandang status terhormat tersebut. Maka masjid ini merupakan salah satu bangunan kebanggaan yang dimiliki oleh Indonesia, sekaligus menggambarkan semangat perjuangan dalam meraih kemerdekaan.

Masjid yang dibangun ini menjadi ungkapan dan wujud rasa syukur bangsa Indonesia yang merupakan mayoritas beragama Islam, atas berkat dan rahmat dari Allah SWT.

Di mana masjid ini melambangkan anugerah menikmati kemerdekaan terbebas dari cengkeraman penjajah. Sehingga dinamakan Istiqlal yang artinya merdeka, dan seringkali menjadi bangunan yang ditunjukkan pada tamu-tamu dunia khususnya mereka yang beragama Islam.

Related Articles

Stay Connected

8,168FansLike
1,010FollowersFollow
500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Latest Articles